Senin, 10 Agustus 2015

Daftar Tempat Wisata Di Gunungkidul Yogyakarta

MakinMales - Daftar Tempat Wisata Di Gunungkidul Yogyakarta. Gunungkidul, ya salah satu kabupaten yang berada di Jogjakarta yang terkenal akan keindahan bentang alamnya. Gunungkidul mengalami perkembangan wisata yang cukup pesat pada dewasa ini. Dengan menawarkan bentang alam yang sangat indah dari ujung satu ke ujung lainnya membuat kabupaten ini menjadi salah satu destinasi wisata favorot bagi para traveler di seluruh indonesia bahkan mancanegara.
Daftar Tempat Wisata Di Gunungkidul Yogyakarta
Sumber : kotajogja.com
Gunungkidul menawarkan berbagai jenis destinasi wisata seperti pantai, goa, air terjun hingga salah satu gunung purba pun terdapat disini. Sungguh indah sekali bagi kalian yang tinggal di kawasan penuh dengan wisata alamnya ini.

Tidak salah memang jika ada yang mengatakan gunungkidul adalah kota atlantis yang hilang, mengingat keindahan alam yang luar biasa semuanya terdapat disini. Bentang alam gunungkidul terdiri dari dataran tinggi dan bergunung-gunung yang menjadi ciri khas sendiri dari gunungkidul ini. Gunungkidul ini di dominasi pegunungan karst atau kapur yang membentang hingga ke arah selatan pulau jawa. Hingga saat ini gunungkidul dibagi menjadi tiga topografi wilayah yang di tujukan sebagai zona pengembangan daerah oleh pemerintah lokal.

Daerah paling selatan gunungkidul di dominasi oleh bukit kapur yang berbentuk mengerucut dengan ketinggian hingga 300mdpl. Di wilayah inilah anda akan menjumpai beberapa pantai terkenal yang berada di gunungkidul.

Dan di bagian tengah kabupaten gunungkidul ini, anda akan menjumpai banyak sekali air terjun yang sangat menarik yang memiliki ciri khas sendiri-sendiri dan serta sejumlah objek wisata budaya daerah tempat tersebut.

Sedangkan daerah Utara dari gunungkidul ini berada pada ketinggian 200-700mdpl. Disini kita akan menemukan beberapa goa yang menarik dan terkenal bagi penikmat wisata-wisata alam. Tentunya dengan ciri khas yang dimiliki masing-masing goa.

Nah dibawah ini saya akan memberikan beberapa daftar tempat wisata yang berada di Gunungkidul Yogyakarta :

1. Gunung Api Purba Nglanggeran


Gunung Api Purba Nglanggeran ialah salah satu gunung yang dipercaya pernah aktif pada jutaan tahun silam. Salah satu wisata yang cukup favorit ini terdapat di Desa Nglanggeran kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Kawasan ini selain keindahan alamnya yang menjadi daya tarik wisatawan juga akan hal mistisnya menjadi para wisatawan menjadi penasaran untuk mendatanginya.
Gunung Api Purba Nglanggeran
Untuk mencapai puncak gunung ini tidak memerlukan waktu yang lama, ya kira-kira sekitar 1,5 jam kita sudah bisa menikmati pemandangann indah yang kita dapat dari puncak Gunung Purba ini. Di puncak gunung purba ini kita akan menemukan view sunset dan sunrise yang indah. Dan dimalam hari  kita akan menyaksikan pemandangan gemerlapnya kota jogja yang sangat menawan.

Sebaiknya jika anda mulai berpetualang di gunungkidul ini anda mengawalinya atau mungkin mengakhirinya dengan mengunjungi gunung api purba ini karena gunung ini terdapat dekat dengan pintu gerbang utama menuju gunungkidul yaitu di kecamatan Patuk.

2. Kalisuci

kali suci adalah salah obyek wisata yang berada di Gunungkidul yang menawarkan kegiatan menyusuri aliran sungai yang mengalir di dalam goa dengan menggunakan ban dalam. Merasakan sensasi mengarungi aliran ir dalam perut bumi akan membuat pengalaman yang berkesan bagi anda. 

Kali Suci Semanu Wonosari Gunungkidul
Kali Suci (Sumber : www.amazingindo.asia)
Sekitar 1 jam kita akan dibawa berpetualang menusuri dalamnya goa dan kita akan melewati sekitar 3 goa dengan liangit-langit goa yang menjulang tinggi.

Perlu anda tahu Kalisuci adalah goa yang pertama kali menawarkan susur sungai tertutup yang pertama di Indonesia.

Cave Tubing Kalisuci ini terletak di Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, sekitar setengah jam dari kota wonosari(pusat pemerintahan Kab.Gunungkidul).

3. Goa Jomblang


Goa yang terletak di desa Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta ini menjadi salah satu tujuan favorit para pecinta wisata Goa. Salah satu ciri khas dari goa ini adalah miliki Cahaya Surgawi. Bukan berarti goa ini mengbungkan dengan surga, bukan. Cahaya Surgawi adalah sebutan untuk cahaya matahari yang menembus kegelapan dalam goa, dan membuat pemandangan yang sangat memukau mata kita yang menerangi stalaktit dan stalagmit yang berada dalam goa.
Goa Jomblang Wonosari Gunungkidul Yogyakarta Indonesia
Goa Jomblang (Sumber : imgfave.com)
Dalam melakukan caving di goa ini kita akan menemukan sebuah lorong alami yang merupakan penghubung antara Goa Jomblang dan Goa Grubug. Dan di titik inilah kita akan menemukan stalagmit hijau kecoklatan dan juga Cahaya Surgawi.

4. Pantai Baron


Siapa sih yang nggak kenal pantai satu ini. Sebagai pantai yang sudah cukup lama diresmikan sebagai tempat wisata gunungkidul ini. Dengan pemandangan yang indah dengan diapit dua buah bukit pada sisi kiri dan kanannya.
Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta
Pantai Baron (Sumber : Tribunnews.com)
Selain keindahan pantainya, disini juga menawarkan bagi kita yang menyukai kuliner laut seperti ikan kakap, lobster, bawal putih, tongkol dll. Karena disini adalah dermaga bagi para nelayan daerah sini. Tentunya harganya akan jauh lebih murah jika kita bandingkan yang berada di pasar-pasar dan supermarket karena disinilah sering terjadi pelelangan ikan. Selain harganya yang murah kualitas ikan disini juga terjami karena masih fresh dan tentunya jauh dari bahan pengawet yang berbahaya.

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Sebagai penikmat objek wisata pantai tentu anda akan rugi jika belum pernah merasakan mengunjungi pantai ini.

5. Pantai Indrayanti

Tidak kalah dengan pantai baron, pantai indrayanti juga terbilang cukup terkenal juga. Salah satu pantai indah di gunungkidul ini menyajikan hamparan pasir putih yang luas dan juga air laut yang jernih. Dengan panorama laut yang sangat indah pantai indrayanti juga menyuguhkan infrastruktur wisata yang sangat memadai. Di deretan bibir pantai terdapat jejeran restoran yang menyajikan aneka masakan laut hingga es kelapa muda yang akan menyegarkan anda.
Pantai Indrayanti Gunungkidul Yogyakarta
Pantai Indrayanti (Sumber : www.sewamotoryogya.com)
Disini juga tersedia unit-unit jet sky yang dapat anda sewa untuk bermain-main di air laut yang jernih. Disini juga terdapat cottage yang terdapat di sekitar pantai untuk anda yang akan menghabiskan malam dan menikmati keindahan malam dari pantai Indrayanti.

Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

6. Pantai Siung

Pantai yang terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta yang terkenal akan keindahan hamparan pasir yang putih dan juga dengan batu karangnya yang berukuan raksasa. Pantai ini juga terkenal akan medannya yang cocok untuk olahraga panjat tebing. Sering sekali di pantai ini di gelar kejuaraan panjat tebing nasional maupun internasional. Disini terdapat sekitar 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Pantai Siung
Tentunya pantai ini juga sangat recomended sekali bagi anda yang menyukai wisata pantai atau sekedar melepaskan penat dari kesibukan yang membelennggu kita setiap harinya.

7. Pantai Pok Tunggal

Salah satu destinasi wisata yang berada di Gunungkidul ini juga menyajikan pemandangan yang tak kalah eloknya dengan pantai yang lainnya. Pantai ini terkenal akan pemandangan pohon duras yang tumbuh di area sepanjang jalan sebelum memasuki kawasan pantai. Pantai ini juga menawarkan keindahan hamparan pasir putih dan juga memiliki barisan tebing yang menjulang tinggi sekitar 50 - 60 meter.
Pantai Pok Tunggal Gunungkidul Yogyakarta
Pantai Pok Tunggal (Sumber : www.wisatasoloraya.com)
Di pantai ini kita bisa menjumpai sumber mata air tawar yang mengalir melalui aliran sungai bawah tanah. Disini kita juga akan mendapati monyet-monyet liar asli daerah tersebut yang melompat-lompat dai balik tebing pada arah timur pantai.

Pantai ini juga menghadirkan sunset yang begitu menawan. Salah satu wisata di gunungkidul ini sering sekali di gunakan oleh para wisatawan untuk berkemah karena tempatnya yang nyaman dan pemandangan malam yang indah.

Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

8. Pantai Krakal

Salah satu wisata pantai yang berada di Gunungkidul ini yang memiliki garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai yang lain yang berada di Gunungkidul. Pantai krakal juga menyajikan keindahan pantai yang mengagumkan.
Pantai Krakal Gunungkidul Yogyakarta
Pantai Krakal (Sumber : www.njogja.co.id)
Pantai ini juga menyajikan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih sehingga anda akan dimanjakan akan keindahannya. Disini kita juga bisa menginap karena terdapat beberapa hotel yang berdiri di kawasan ini.

Pantai ini terletak di Desa Ngestirejo Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

9. Air Terjun Sri Gethuk


Selain wisata pantai dan juga goa, gunungkidul juga menyajikan wisata air terjun. Salah satunya adalah air terjub sri gethuk yang berada di desa Bleberan Playen GUnungkidul Yogyakarta ini.
Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Yogyakarta
Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun sri gethuk ini menyajikan pemandangan aliran air yang diapit dua tebing dengan ketinggian sekitar 60 meter. Selain pemandangan air terjunya yang indah kita juga akan di suguhkan pemandangan yang indah saat menuju lokasi dari air terjun ini. Kita akan melewati jalan setapak di pematang sawah yang kira-kira jauhnya setengah kilometer lalu dilanjutkan dengan melewati 96 anak tangga.

10. Goa Gelatik

Goa yang terletak di Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Gunungkidul ini juga sangat recomended sekali bagi kalian yang menyukai wisata goa.
Goa Gelatik Gunungkidul Yogyakarta
Goa Gelatik
Disini kita akan menjumpai stalaktit dan stalakmit yang tersusun begitu indah sehingga akan memanjakan mata kita. Goa ini memiliki panjang kira-kira sejauh 400 meter.

11. Goa Seropan

Goa Seropan ini adalah salah satu goa yang menjadi tujuan para pecinta alam dan juga para pemanjat tebing. Karena goa ini sering sekali dijadikan untuk kegiatan pennyusuran goa dan juga kegiatan panjant tebing. Para pecinta olahraga exstrim tentunya akan sangat senang sekali jika sudah berada di gua ini dan bernafsu untuk menjelajahinya.
Goa Seropann Gunungkidul Yogyakarta
Goa Seropan (Sumber : ssbsyogya)
Goa yang menyajikan keindahan ornamen stalaktit dan stalagmit yang indah dan juga tebing-tebing karst yang sangat indah sekali.

Goa ini terletak di Desa Semuluh Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

12. Pantai Jogan

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. Salah satu pesona yang ditawarkan pantai ini adalah adanya air terjun yang airnya langsung jatuh ke bibir laut dari pantai jogan. Air terjun tersebut memiliki tinggi sekitar 10 meter. Pantai Jogan ini memang memiliki bentang alam yang unik yang dikelilingi tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur.
Pantai Jogan Gunungkidul Yogyakarta
Pantai Jogan (Sumber : www.sobatjogja.com)
Selain bermain air dipantai kita juga bisa menikmati bermain guyuran dari air terjun tersebut.

Tentunya kita harus exstra hati-hati menngingat licinnya medan.

13. Pantai Sundak

Tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang berada di Gunungkidul, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang indah dan juga menawan. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup besar dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.
Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta
Pantai Sundak (Sumber : jalanjalanseru.com)
Diantara pantai ini terdapat bebatuan karang besar yang cukup indah. Pantai ini juga sering digunakan untuk berkemah baik para wisatawan lokal maupun manca.

Pantai ini terletak di Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul.

14. Goa Pindul


Sebagai salah satu destinasi wisata yang paling populer di Gunungkidul, goa pindul memang menyajikan pemandagan alam yang sangat indah dan mengagumkan. Goa pindul sendiri merupakan salah satu dari rangkaian tujuh goa yang dialiri oleh air sungai bawah tanah. Lorong goa ini mempunyai panjang sekitar 300 meter dan lebar 5 meter sedangkan jarak permukaan dengan atap gua sekitar 4 meter dan kedalaman air sekitar 5 meter.
Goa Pindul Gunungkidul Yogyakarta
Goa Pindul (Sumber : indraprawiranegara.wordpress.com)
Goa ini sangat cocok sekali untuk tempat cavetubing bagai segala kalangan dan usia. Goa ini juga menyajikan air yang sangat jernih agak kebiru-biruan yang akan memanjakan mata kita.

Goa ini terletak di Dusun Gelaran Desa Bejiharjo Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta.

15. Hutan Wanagama

Bagi kalian yang sering berpetualang di hutan, atau mungkin camping dan outbound. Hutan wanagama adalah salah satu tempat yang tepat untuk itu semua. Dengan pohon-pohon yang sangat lebat dan luas, hutan ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berkemah, outbound dan juga penjelajah alam.
Hutan Wanagama Gunungkidul Yogyakarta
Hutan Wanagama (Sumber : www.teraswarta.com)
Hutan yang menyajikan ke asrian alamnya dan juga macam-macam jenis tanaman ini memang pantas untuk di kunjungi.

Hutan wanagama terletak di Desa Banaran Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul.

16. Goa Rancang Kencono


Salah satu obyek wisata yang berada di gunungkidul ini sangat patut untuk kita kunjungi. Goa ini hanya berjarak sekitar 1 km dengan Air Terjun Sri Gethuk. Goa ini memiliki ruangan yang cukup luas sekitar 20m x 20m dan memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Goa ini sering sekali digunakan untuk acara-acara sarasehan, camping dan juga outbound, dll.
Goa Rancang Kencana Gunungkidul Yogyakarta
Goa Rancang Kencana
Konon dulunya goa ini dijadikan tempat untuk rapat mennyusun strategi dalam menghadapi penjajah. Didalam goa tersebut juga terdapat beberapa ruangan yang mengarah ke dalam. Salah satu ruangan yang memiliki ukuran 3x3 meter konon dulunya dijadikan tempat untuk bertapa mencari petunjuk kepada tuhan yang maha kuasa.

Goa Rancang Kencono ini berloakasi di pedukuhan Menggoran II, Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkiduln Yogyakarta.

Mungkin hanya itu dulu yang dapat saya sampaikan tentang daftar tempat wisata di Gunungkidul Yogyakarta. Semoga dapat menambah informasi bagi kita semua yang sedang mencari tempat destinasi liburan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar